PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning.
Dimana model ini akan menciptakan pembelajaran yang tidak kaku dan penuh
kerjasama antar siswa, membangun berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah nyata yang
diberikan serta melatih kesiapan siswa dalam memahami materi yang diberikan
oleh guru. Problem Based Learning atau
pembelajaran berbasis masalah adalah model pengajaran yang bercirikan adanya
permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berfikir
kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Penelitian
ini dilaksanakan dikelas X IPA3 SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang
dan waktu penelitian mengikuti jadwal pembelajaran Matematika Peminatan IPA
sesuai dengan kelas dan jadwal yang biasa peneliti laksanakan ketika mengajar
di SMA Islam Nurul Fikri Boarding. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini
dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu,
tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi.
Setelah melalui tahapan-tahapan tersebut maka diperoleh data-data yang
berkaitan dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian terhadap motivasi belajar
siswa diperoleh informasi dari data angket motivasi belajar siswa saat
dilakukannya tindakan siklus II dapat lihat bahwa motivasi belajar siswa
meningkat dari siklus I, dimana perbandingan hasil persentasenya dari rentang
20% hingga 49% menjadi 80% hingga 100%, untuk data rata-rata skor motivasi
belajar siswa di siklus I sebesar 44 atau sekitar 55% meningkat menjadi 68 atau
sekitar 86% pada siklus II, data peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa
selama pelaksanaan tindakan siklus II dengan penerapan model pembelajaran problem
based learning sebesar 31%. Sedangkan dari hasil belajar siswa selama
pelaksanaan siklus mengalami peningkaran yang sangat signifikan dari 47%
menjadi 83%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan Problem Based
Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model
Pembelajaran Problem Based Learning
0 comments:
Post a Comment